Jumat, 11 Desember 2009

Tukang Sapu Jalan


Sering kali kita melihat para tukang sapu jalan yang menyapu di pinggir jalanan kota Jakarta.
Mereka terlihat sangat rajin melakukan pekerjaan mereka sehari-hari tanpa memperdulikan angkutan-angkutan yang lalu lalang di sekitar mereka.

Pernahkah kita berpikir selama ini tentang siapakah yang membersihkan setiap sampah yang dengan sembarangan kita buang di jalanan??
Pernahkah kita melihat perjuangan mereka saat mereka memungut satu-persatu sampah-sampah yang kita buang itu??
Mungkin tidak pernah terlintas di otak kita tentang semua itu,tetapi untuk diketahui bahwa itu semua dilakukan oleh para tukang sapu jalanan.

Tulisan "Buanglah Sampah Pada Tempatnya" seakan-akan hanya menjadi sebuah pajangan saja di jalanan. Para masyarakat pun masih banyak yang tidak sadar lingkungan dimana mereka tetap membuang sampah sembarangan hanya karena alasan sulit untuk mencari tempat sampah terlebih dahulu.
Masyarakat banyak yang berpendapat bahwa kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab para tukang sapu jalanan semata. Padahal kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama agar kita dapat memperoleh kehidupan yang sehat dan lebih bersih.

Untuk kita ketahui bahwa para tukang sapu jalanan bekerja dengan gaji yang tidak seberapa tetapi mereka rela melakukan pekerjaan itu dengan sepenuh hati agar menjadikan jalanan menjadi bersih dari sampah-sampah yang berserakan. Seharusnya para masyarakat menyadari penting nya membuang sampah pada tempatnya karena selain untuk memperindah Kota juga untuk membantu memperingan beban para tukang sapu jalanan.

Kesimpulan : Setiap unsur masyarakat harus saling membantu untuk menjaga kebersihan karena kebersihan bukan hanya tanggung jawab para tukang sapu jalanan saja melainkan tanggung jawab kita semua.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar