Kamis, 10 Desember 2009

Donor Darah Merupakan Kegiatan Sosial


Darah dapat dikatakan sebagai sumber proses kehidupan dimana darah merupakan cairan jaringan tubuh yang berfungsi mengangkut oksigen dan nutrisi yang diperlukan oleh sel-sel di seluruh tubuh untuk tetap hidup. Dengan kata lain darah adalah alat transportasi segala macam zat yang diperlukan tubuh untuk tetap dapat menjalankan metabolisme, yaitu untuk tetap hidup.

Berbagai macam cara telah ditemukan untuk menyelamatkan nyawa manusia,salah satunya adalah dengan donor darah, dimana kita menyumbangkan darah kita bagi mereka yang membutuhkannya.
Kegiatan tranfusi darah ini sering kali diadakan secara rutin oleh PMI dimana para pendonor tidak hanya dari kalangan orang dewasa saja bahkan para pelajar pun tergerak hatinya untuk mendonorkan darah mereka.

Salah satu pelajar yang saya wawancarai mengatakan bahwa donor darah merupakan kebajikan yang luhur nilainya bagi sesama manusia dan kemanusiaan, karena darah yang disumbangkan kepada orang lain diberikan secara tulus dan iklas tanpa membedakan keyakinan, politik, warna kulit, tingkat pendidikan, status sosial, agama dan lain sebagainya. Adapun tujuan donor darah sangat mulia yaitu menyelamatkan jiwa orang lain,apalagi orang yang sangat membutuhkan. Pelajar tersebut melakukan donor darah 3 bulan sekali dan alasanya sebagai pendonor darah adalah untuk membantu orang lain dan alasan kemanusiaan.
Selain untunk memberikan bantuan kepada orang lain, donor darahjuga bagus untuk tubuh, karena pada saat darah diambil otomatis darah akan diproduksi lagi oleh tubuh kitasehingga menjadi lebih sehat dan bersih.


Kesimpulan : Dari hal itu dapat dikatakanlah bahwa kegiatan donor darah merupakan tindakan sosial dan kemanusiaan yang dapat memberikan secercah kehidupan bagi mereka yang membutuhkan setetes darah dari kita dimana para pendonor merasa bahagia karena dapat mendonorkan darah mereka kepada orang yang membutuhkan dengan rasa tulus ikhlas.
Oleh karena itu marilah kita selamatkan banyak nyawa dengan segenap jiwa dan hati nurani kita.

Sumber foto : google





Tidak ada komentar:

Posting Komentar